Halaman 91-93 Lanjutan Ngalap Berkah
Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/86)
الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد | |
المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان | |
دار النشر: دار العاصمة الرياض | |
الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م | |
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] | |
صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] | |
Halaman 91-93 Lanjutan Ngalap Berkah
عن أبي واقد الليثي قال: خرجنا مع رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- إلى حُنَين ونحن حُدَثاء عهد بكفر وللمشركين سِدْرة يعكُفون عندها ويَنُوطُون بها أسلحتهم يقال لها: ذات أنواط. فمررنا بسِدْرة فقلنا يا رسول الله، اجعل لنا ذاتَ أنواط كما لهم ذاتُ أنواط. فقال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: "الله أكبر -إنها السُّنَن- قلتم والذي نفسي بيده كما قالت بنو إسرائيل لموسى: {اجْعَل لَّنَا إِلَهًا كَمَا لَهُمْ آلِهَةٌ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ} [الأعراف: ١٣٨] لتركبُن سَنَنَ من كان قبلكم" (١) رواه الترمذي وصححه.
ــ
أبو واقد الليثيّ: هو الحارث بن عوفٍ صحابيٌّ مشهور مات سنة ٦٨هـ وله ٨٥ سنة. adalah harits bin auf seorang sahabat terkemuka wafat tahun 68 H pada umur 85 tahun
حُنَيْن: وادٍ يقع شرقي مكة بينه وبينها بضعةُ عشر ميلاً، قاتل فيه رسول الله -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قبيلة هوازِن. sebuah lembah berada di timur makkah jarak sekitar beberapa mil saja di situlah Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam memerangi kabilah hawazin
حُدَثاءُ عهدٍ بكُفْرٍ: قريبٌ عهدنا بالكفر. baru masuk islam
يعكِفون: يقيمون عندها ويعظِّمونها ويتبركون بها. kongkow nongkrong di sekitarnya cari berkah
ينوطون أسلحتهم: يعلِّقونها عليها للبركة. menggantungkannya mencari ngalap berkah
أنواط: جمع نَوْطٍ: وهو مصدرٌ سُمِّي به المنوطُ، سمِّيت بذلك لكثرة ما يناط بها من السلاح لأجل التبرك. bentuk plural نَوْطٍ bentuk mashdar nama tempat gantungan. dinamakan begitu karena saking banyaknya yang digantungkan di situ ngalap berkah
اجعل لنا ذات أنواط: سألوه أن يجعل لهم مثلها. mereka meminta seperti yang mereka punya
الله أكبر: أجلُّ وأعظم صيغة تعجب. yang maha besar
السُّنن: بضمِّ السين: الطرق أي سلكتم كما سلك من قبلكم الطرق المذمومة. jalan hidup, jalan hidup kalian mirip orang hina tempo doeloe
إسرائيل: هو يعقوب بن إسحاق بن إبراهيم الخليل عليهم الصلاة والسلام. nama lain ya'qub bin ishaq bin ibrohim
سُنن من كان قبلكم: بضم السين طرُقهم ويجوز فتح السين بمعنى طريقِهم. jalan hidup
المعنى الإجمالي للحديث: يخبر أبو واقد عن واقعةٍ فيها عجبٌ وموعظة وهي أنهم غزوا مع رسول الله -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قبيلة هوازن وكان دخولهم في الإسلام قريباً فخفي عليهم أمر الشرك. فلما رأوا ما يصنع المشركون من التبرك بالشجرة طلبوا من الرسول -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أن يجعل لهم شجرة مثلَها. فكبَّر النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- استنكاراً وتعظيماً لله وتعجُّباً من هذه المقالة. وأخبر أن هذه المقالة تشبه مقالة قوم موسى له لما رأوا من يعبد الأصنام: {اجْعَل لَّنَا إِلَهًا كَمَا لَهُمْ آلِهَةٌ} وأن هذا جريانٌ على طريقتهم. ثم أخبر -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أن هذه الأمة ستتبع طريقة اليهود والنصارى وتسلك مناهجَهم وتفعل أفعالهم وهو خبرٌ معناه الذم والتحذير من هذا الفعل.
makna global hadis ini : abu waqid bercerita tentang kenyataan yang sangat mengejutkan dan nasehat penting yaitu mereka pernah berperang bersama rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam melawan qobilah hawazin. waktu itu mereka baru masuk islam jadi rentan kena syirik. ketika mereka melihat kelakuan musyrikin berupa ngalap berkah dengan pohon, maka mereka meminta rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam membuatkan mereka pohon seperti itu juga. maka nabi shallallahu 'alaihi wassalam menilai itu sebagai sesuatu yang besar sekali sambil mengingkari dan mengagungkan Allah Ta'ala dan kaget dengan ucapan ini. kemudian memberitahu mereka bahwa ucapan itu sama dengan ucapan umatnya musa yaitu {اجْعَل لَّنَا إِلَهًا كَمَا لَهُمْ آلِهَةٌ}, dan ini berarti persis dengan jalan hidup mereka. kemudian beliau shallallahu 'alaihi wassalam memberitahu bahwa umat nantinya akan ikut-ikutan cara hidup yahudi dan nashrani secara presisi. ini berita yang bermakna celaan dan peringatan agar menghindari perbuatan ini.
مناسبة الحديث للباب: أن فيه دليلاً على أن التبرك بالأشجار وغيرها شركٌ وتأليه مع الله.
korelasi hadis ini dengan judul bab ini: ada dalil bahwa ngalap berkah dengan pepohonan dan selainnya dalah syirik dan menuhankan selain Allah
ما يستفاد من الحديث:
pelajaran dari hadis ini:
١- أن التبرك بالأشجار شركٌ ومثلها الأحجار وغيرها.
1. bahwa ngalap berkah dengan pepohonan adalah syirik, juga dengan bebatuan dan lainnya
٢- أن المنتقل من الباطل الذي اعتاده لا يُؤمن أن يكون في قلبِه بقيةٌ من تلك العادة.
bahwa orang yang barusan pindahan dari jalan salah rentan masih punya kebiasaan lama yang tersisa
١- أن سبب عبادة الأصنام هو تعظيمُها والعكوفُ عندها والتبرك بها.
1. bahwa sebab terjadinya penyembahan terhadap berhala yaitu mengagungkannya dan kongkow di sekitarnya dan ngalap berkah
٢- أن الإنسان قد يستحسن شيئاً يظنه يقربه إلى الله وهو يبعده عنه.
2. bahwasanya manusia kadang berprasangka baik pada sesuatu yang dianggapnya bisa mendekatkan diri pada Allah padahal justru menjauhkannya
٣- أنه ينبغي للمسلم أن يسبح ويكبر إذا سمع ما لا ينبغي أن يقال في الدين وعند التعجب.
3. bahwasanya seharusnya seorang muslim selalu mensucikan dan mengagungkan Allah jika mendengar apa yang tidak seharusnya diucapkan dalam agama dan ketika kaget
٤- الإخبار عن وقوع الشرك في هذه الأمة وقد وقع.
4. pengabaran tentang terjadinya syirik dalam umat ini dan memang sudah terjadi
٥- عَلَم من أعلام نبوته -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حيثُ وقع الشرك في هذه الأمة كما أخبر -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-.
5. tanda kenabian nabi shallallahu 'alaihi wassalam dimana telah terjadi kesyirikan dalam umat ini sebagaimana yang dikabarkan beliau shallallahu 'alaih wassalam
٦- النهيُ عن التشبه بأهل الجاهلية واليهود والنصارى، إلا ما دلّ الدليل على أنه من ديننا.
6. larangan untuk menyerupai orang jahiliyah dan yahudi dan nashrani kecuali ada dalil bahwa itu memang agama kita
٧- أن الاعتبار في الأحكام بالمعاني لا بالأسماء، لأن النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- جعل طلبتهم كطلبة بني إسرائيل ولم يلتفت إلى كونهم سمُّوها ذات أنواط
7. bahwasanya yang dinilai dalam hukum islam adalah kontennya bukan sekedar namanya saja karena nabi shallallahu 'alaihi wassalam ketika mempersamakan tuntutan mereka itu seperti tuntutan bani isroil dan tidak sama sekali mengacuhkan nama ذات أنواط
Comments
Post a Comment