Halaman 64-65 Lanjutan Tafsir Tauhid

Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/59)

 Judul: Mulakhos syarh kitab tauhid

الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد 

 Penulis: sholeh bin fauzan al fauzan

المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان 

 penerbit: darul ashimah riyadh

دار النشر: دار العاصمة الرياض 

 Cetakan: pertama 2001 M 1422 H

الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م 

 Jumlah Halaman: 436

 عدد الصفحات: ٤٣٦

 Penomoran Halaman sama dengan cetakan

[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] 

 Nama Akun: Sholeh Fauzan

صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] 

 

 


Halaman 64-65 Lanjutan Tafsir Tauhid


 وقوله تعالى: {اتَّخَذُواْ أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِّن دُونِ اللهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُواْ إِلاَّ لِيَعْبُدُواْ إِلَهًا وَاحِدًا لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ} [التوبة: ٣١] (١) .


ــ


اتخذوا: أي جعل اليهود النصارى. si yahudi dan nasrani


أحبارهم: أي علماءهم. ulama mereka


ورهبانهم: أي عبّادهم. tukang ibadah mereka


أرباباً: أي مشرِّعين لهم يحلِّلون ويحرِّمون؛ لأن التشريع من خصائص الرب فمن أطاع مخلوقاً فيه فقد اتخذه رباً.  penyetempel legalitas yang haram-haram, karena itu hak Allah saja. orang yang mentaati makhluk berarti menganggapnya sebagai tuhan


والمسيح ابن مريم: أي واتخذوا عيسى عليه السلام رباً بعبادتهم له.  yaitu menjadikan isa alaihissalam sebagai tuhan dengan cara mengibadahinya


سبحانه عما يشركون: أي تنزه الله تعالى وتقدّس عن الشركاء والنُّظراء.  Maha suci Allah dari sekutu dan tandingan


المعنى الإجمالي للآية: يخبر الله سبحانه عن اليهود والنصارى 

أنهم استنصحوا الرجال من العلماء والعباد فأطاعوهم في تحليل ما حرم الله وتحريم ما أحله، فنزَّلوهم بذلك منزلة الرب الذي من خصائصه التحليل والتحريم، كما عبد النصارى عيسى وزعموا أنه ابنُ الله، فنبذوا كتاب الله الذي أمرهم فيه بطاعته وحده وعبادته وحده –وهذا إخبار منه سبحانه يتضمن إنكار ما فعلوه- ولذلك نزَّه نفسه عما يتضمنه هذا الفعل من الشرك به.

Makna global ayat ini: Allah mengabarkan tentang yahudi dan nasranai bahwa mereka menokohkan ulama dan tukang ibadahnya terus diikuti begitu saja kata mereka halal haram pokoknya ikut saja.  jadi didudukkan seperti tuhan, yaitu diikuti tanpa kecuali, padahal itu cuma tuhan yang begitu itu seperti ketika nasrani menyembah isa, yakin kalau dia adalah anak Allah terus kitab suci sudah gak dipakai lagi yang jelas memerintahkan untuk taat mutlak pada Allah saja, ibadah juga padaNya saja.  ini berita dariNya Ta'ala tersirat celaan terhadapa kelakuan mereka. karena itu Allah mensucikan diriNya dari konten perbuatan syirik ini.

مناسبة الآية للباب: أنها دلت على أن من معنى التوحيد وشهادة أن لا إله إلا الله إفرادَ الله بالطاعة في تحليل ما أحل وتحريم ما حرم، وأن من اتخذ شخصاً من دون الله يحلل ما أحل ويحرم ما حرَّم فهو مشرك.

kesesuaian ayat terhadap bab: ayat ini menunjukkan bahwa makna tauhid dan syahadat adalah mengesakan Allah dalam ketaatan dalam halal haram. orang yang menjadikan selain Allah sebagai penghalal pengharam berarti musyrik

ما يستفاد من الآية:

pelajaran dari ayat ini

١- أن معنى التوحيد وشهادة أن لا إله إلا الله طاعةَ الله في التحليل والتحريم.

1. makna tauhid dan syahadat adalah mentaati Allah dalam halal haram

٢- أن من أطاع مخلوقاً في تحليل الحرام وتحريم الحلال فقد اتخذه شريكاً لله.

2. orang yang mentaat makhluk dalam halal haram berarti telah menyekutukan Allah

٣- الرد على النصارى في اعتقادهم في المسيح عليه السلام وبيانُ أنه عبدُ الله.

3. sanggahan pada nasrani tentang keyakinan mereka pada al masih dan penjelasan bahwa beliau hanyalah seorang hamba Allah juga

٤- تنزيه الله عن الشرك.

4. kesucian Allah dari syirik

Comments

Popular posts from this blog

Halaman 115 Lanjutan Doa Syirik

Halaman 28-29 Lanjutan Bab Kelebihan Tauhid

index