Halaman 61-62 Tafsir Tauhid

Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/56)

 Judul: Mulakhos syarh kitab tauhid

الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد 

 Penulis: sholeh bin fauzan al fauzan

المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان 

 penerbit: darul ashimah riyadh

دار النشر: دار العاصمة الرياض 

 Cetakan: pertama 2001 M 1422 H

الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م 

 Jumlah Halaman: 436

 عدد الصفحات: ٤٣٦

 Penomoran Halaman sama dengan cetakan

[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] 

 Nama Akun: Sholeh Fauzan

صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] 

 

 


Halaman 61-62 Tafsir Tauhid 

[باب تفسير التوحيد وشهادة أن لا إله إلا الله]


وقول الله تعالى: {أُولَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمُ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحْذُورًا} [الإسراء: ٥٧] .


ــ


مناسبة الباب لكتاب التوحيد: لما ذكر المصنف رحمه الله في الأبواب السابقة التوحيد وفضائله والدعوة إليه والخوف من ضده الذي هو الشرك، بين رحمه الله في هذا الباب معناه؛ لأن بعض الناس يخطئ في فهم معناه فيظن أن معناه الإقرار بتوحيد الربوبية فقط، وهذا ليس هو المراد بالتوحيد وإنما المراد به ما دلت عليه النصوص التي ساق المصنف رحمه الله طرفاً منها في هذا الباب من أنه إفراد الله بالعبادة والخلوص من الشرك.

kesesuaian bab terhadap tema kitab tauhid: setelah penulis menyebutkan pada bab-bab sebelumnya tentang tauhid, keutamaannya, dakwahnya, takut kebalikannya yaitu syirik, maka beliau melanjutkan tentang maknanya. karena sebagian manusia salah dalam memahami maknanya, dikira maknanya sekedar mengakui tauhid rububiyah saja.  ini tidak benar karena maksud sebenarnya adalah sebagaimana yang ditunjukkan ayat atau hadis yang diutarakan oleh penulis pada bab ini yaitu mengesakan Allah dalam ibadah dan bebas dari syirik.

وعطَف شهادة أن لا إله إلا الله على التوحيد ليبين أن معناهما واحدٌ لا اختلاف فيه.

athof syahadat pada tauhid untuk menjelaskan maknanya sama saja tanpa perbedaan

يدعون: أي يدعونهم من دون الله وهم الملائكة والأنبياء والصالحين وغيرهم فالضمير الفاعل يدْعون راجعٌ إلى الكفار. berdoa pada mereka selain Allah yaitu malaikat, para nabi, orang sholeh dan lainnya. jadi dhomir fa'il kembali pada orang kafir


يبتغون: أي يطلبون والضمير الفاعل فيه راجعٌ إلى المدعوين من الملائكة ونحوهم mencari, dhomir fa'il kembali pada orang-orang yang ditujukan doa yaitu malaikat dan semisalnya

الوسيلة: ما يتقرب به إلى الله، فمعنى توسل إلى الله عمل عملاً يقربه إليه. alat untuk mendekatkan diri pada Allah. jadi makna tawassul kepada allah adalah beramal sholeh yang bisa mendekatkan diri padaNya


ويرجون رحمته: أي لا يرجون أحداً سواه.  tidak berharap pada yang lain sama sekali


ويخافون عذابه: أي: لا يخافون أحداً سواه. tidak takut pada selainnya sama sekali


المعنى الإجمالي للآية: أن الله سبحانه وتعالى يخبر أن هؤلاء الذين يدعوهم المشركون من دون الله من الملائكة والأنبياء والصالحين يبادرون إلى طلب القربة إلى الله فيرجون رحمته ويخافون عذابه، فإذا كانوا كذلك كانوا جملة من العبيد فكيف يُدعون مع الله تعالى، وهم مشغولون بأنفسهم يدعون الله ويتوسلون إليه بعبادته.

makna global dari ayat ini: Allah Ta'ala mengabarkan bahwa mereka-mereka yang diarahkan doa oleh musyrikun berupa malaikat, nabi, orang sholeh, mereka semua sudah sibuk sekali ibadah kepada Allah mengharap rahmatNya, takut adzabNya. kondisi mereka ini menunjukkan bahwa mereka juga termasuk hamba, bagaimana mungkin diarahkan doa pada mereka sementara mereka juga sibuk dengan dirinya sendiri berdoa pada Allah, bertawassul dengan ibadah mereka kepada Allah.

مناسبة الآية للباب: أنها تدل على أن معنى التوحيد وشهادة أن لا إله إلا الله هو ترك ما عليه المشركون من دعوة الصالحين والاستشفاع بهم إلى الله في كشف الضر أو تحويله؛ لأن ذلك هو الشرك الأكبر.

kesesuaian ayat terhadap judul bab: ayat ini menunjukkan makna tauhid dan syahadat yaitu meninggalkan kelakuan orang musyrikin berdoa pada orang sholeh, minta syafaat pada mereka dalam menghilangkan bahaya ataupun mengubahnya karena itu semua adalah syirik akbar.

ما يستفاد من الآية:

pelajaran yang bisa diambil

١- الرد على الذين يدعون الأولياء والصالحين في كشف الضر أو جلب النفع بأن هؤلاء المدعوين لا يملكون لأنفسهم ضراً ولا نفعاًَ فكيف يملكون ذلك لغيرهم.

1. sanggahan pada orang yang berdoa pada para wali dan orang sholeh dan menghilangkan bahaya atau mendapatkan manfaat bahwa mereka itu semua tidak bisa memberi diri mereka sendiri bagaimana mungkin memberi orang lain

٢- بيان شدة خوف الأنبياء والصالحين من الله وبيان رجائهم لرحمته.

2. penjelasan betapa takutnya nabi dan orang sholeh pada Allah dan bagaimana besarnya harapan mereka terhadap rahmat Allah Ta'ala.


Comments

Popular posts from this blog

Halaman 168 Perulangan Laa

Halaman 115 Lanjutan Doa Syirik

Halaman 72-73 Lanjutan Bab Jimat Tolak Bala