Halaman 102-103 Lokasi Syirik Dipakai Menyembelih
Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/94#p1)
الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد | |
المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان | |
دار النشر: دار العاصمة الرياض | |
الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م | |
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] | |
صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] | |
Halaman 102-103 Lokasi Syirik Dipakai Menyembelih
[باب لا يذبح لله بمكان يذبح فيه لغير الله]
وقول الله تعالى: {لاَ تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُواْ وَاللهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ} [التوبة: ١٠٨] .
ــ
مناسبة الباب لكتاب التوحيد: أنه تابعٌ للباب الذي قبله؛ لأن الذي قبله فيه بيان حكم الذبح لغير الله، وهذا الباب فيه منع الوسيلة الموصلة إلى ذلك ومنع التشبه بأهله.
korelasi judul bab terhadap tema kitab tauhid: masih melanjutkan bab-bab sebelumnya, karena sebelumnya adalah hukum menyembelih pada selain Allah. sementara bab ini berisi larangan lokasi menyembelih yang rentan syirik
يذبح فيه لغير الله: أي أُعد لذلك وقصد لأجله. biasa untuk itu, orang tahunya itu
لا تقم فيه؛ أي لا تصلّ في مسجد الضرار. jangan sholat di masjid dhiror
لمسجد أسس: بني. dibangun
على التقوى: على طاعة الله ورسوله. taat pada Allah dan rasulNya
المطهرين: الذين يتطهرون من الأنجاس الحسية والمعنوية. orang-orang yang bersuci dari najis jasmani maupun rohani
المعنى الإجمالي للآية: ينهى الله سبحانه رسوله -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- عن الصلاة في مسجد الضرار الذي بناه المنافقون مضارة لمسجد قباء وكفراً بالله ورسوله وطلبوا من الرسول -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أن يصلي فيه؛ ليتخذوا من ذلك حجة يبررون بها عملهم ويسترون بها باطلهم فوعدهم -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أن يفعل ما طلبوا ولم يعلم قصدهم السيء، فنهاه الله عن ذلك وحثه على الصلاة في مسجد قباء الذي بُني على طاعة الله ورسوله أو في مسجده -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- عل
اختلافٍ بين المفسرين في ذلك، ثم أثنى على أهل ذلك المسجد بتطهّرهم من الشرك والنجاسات، والله يحب مَن هذه صفته.
makna global dari ayat ini: Allah melarang rasulNya sholat di masjid dhiror yang dibangun munafiqun untuk mengacau mesjid quba'. Tidak percaya pada Allah dan rasulNya. mereka meminta rasul shallallahu 'alaihi wassalam mau sholat di situ. ingin melegalkan perbuatan mereka, bisa membayar kesalahan mereka. Maka nabi shallallahu 'alaihi wassalam berjanji memenuhi keinginan mereka tanpa tahu maksud mereka sebenarnya. maka Allah melarangnya dan menyuruhnya agar sholat di masjid quba' yang dibangun karena ketaatan pada Allah dan rasulNya atau di masjid beliau shallallahu 'alaihi wassalam saja. ada perbedaan pendapat di antara para ahli tafsir dalam masalah ini. kemudian memuji jamaah masjid tersebut yang suka bersuci dari kesyirikan maupun najis. Allah senang dengan orang yang punya sifat begini.
مناسبة الآية للباب: هي قياس الأمكنة المعدة للذبح لغير الله على المسجد الذي أُعد لمعصية الله في منع عبادة الله فيه، فكما أن هذا المسجد لا تجوز الصلاة فيه لله، فكذلك هذا الموضع الذي أُعد للذبح فيه لغير الله لا يجوز الذبح فيه له سبحانه.
korelasi ayat terhadap judul bab: analogi tempat yang biasa buat sembelihan selain Allah dengan masjid untuk mendurhakai Allah. sama-sama dilarang dipakai ibadah. masjid ini tidak dipakai ibadah maka tempat yang biasa buat sembelihan syirik juga tidak boleh dipakai ritual menyembelih untuk Allah
ما يستفاد من الآيات:
pelajaran dari ayat ini:
١- منع الذبح لله في المواضع المعدة للذبح لغيره، قياساً على منع الصلاة في المسجد المؤسس على معصية الله.
1. terlarangnya menyembelih untuk Allah di lokasi yang biasa buat syirik dianalogikan dengan larangan sholat di masjid untuk mendurhakai Allah
٢- استحباب الصلاة مع الجماعة الصالحين المتنزهين عن ملابسة القاذورات.
2. dianjurkan sholat bersama jama'ah sholeh senang bersih-bersih dari kotoran
٣- إثبات المحبة لله على الوجه اللائق به سبحانه كسائر صفاته.
3. Deklarasi adanya cinta Allah tentunya sesuai yang layak bagiNya sebagaimana sifat-sifatNya yang lain
٤- الحث على إسباغ الوضوء والتطهر من النجاسات.
4. anjuran menyempurnakan wudhu dan bersuci dari segala bentuk najis
٥- أن النية تؤثر في البقاع.
5. niat punya pengaruh pada lokasi
٦- مشروعية سد الذرائع المفضية إلى الشرك.
6. disyariatkannya menutup celah potensial syirik
Comments
Post a Comment