Halaman 45-46 Lanjutan Syirik Phobia
Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/40)
الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد | |
المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان | |
دار النشر: دار العاصمة الرياض | |
الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م | |
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] | |
صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] | |
Halaman 45-46 Lanjutan Syirik Phobia
وفي الحديث: "أخوف ما أخاف عليكم الشرك الأصغر" فسئل عنه فقال: "الرياء" (١) .
ــ
وفي الحديث: أي الحديث الذي رواه الإمام أحمد والطبراني وابن أبي الدنيا والبيهقي. yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Thobroni dan ibnu abidunya dan baihaqi
أخوف ما أخاف عليكم: أي أشد خوفاً أخافه عليكم. yang paling kutakuti terjadi pada kalian
الرياء: إظهار العبادة لقصد رؤية الناس لها فيحمدونه عليها. pamer ibadah caper orang, pujian orang
المعنى الإجمالي للحديث: لكمال شفقته -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- ورحمته بأمته ونصحه لهم بحيث لم يترك خيراً إلا دلهم عليه ولا شراً إلا حذّرهم منه، ومن الشر الذي حذّر منه الظهور بمظهر العبادة لقصد تحصيل ثناء الناس لأنه شركٌ في العبادة -وهو وإن كان شكاً أصغرَ فخطره عظيم، لأنه يحبط العمل الذي قارنه- ولما كانت النفوس مجبولة على محبة الرئاسة والمنزلة في قلوب الخلق إلا من سلَّم الله كان هذا أخوف ما يُخاف على الصالحين -لقوة الداعي إليه- بخلاف الداعي إلى الشرك الأكبر، فإنه إما معدوم في قلوب المؤمنين الكاملين، وإما ضعيف.
Makna global hadis ini: Saking sayangnya pada umatnya, nabi Shallallahu 'alaihi wassalam sampai-sampai tidak melupakan hal sekecil apapun baik itu kebaikan maupun kejelekan. yang baik meski tampak remeh beliau beritahu, yang jelek walaupun tampak remeh beliau tetap ingatkan. diantaranya adalah cari perhatian pujian orang karena itu syirik dalam ibadah, meskipun kecil tetapi bahayanya besar. karena membuat amal sholeh yang ada riyanya akan musnah pahalanya. Karena manusia itu senang jabatan dan posisi hatinya kecuali yang hatinya diselamatkan Allah, maka riya' ini menjadi hal paling menakutkan akan terjadi pada orang sholeh--faktor pendorongnya paling besar--, beda dengan syirik akbar karena kemungkinan besar bisa dikatakan tidak ada atapun amat kecil sekali adanya.
مناسبة الحديث للباب: أن فيه الخوف من الشرك الأصغر كما أن في الآيتين قبله الخوف من الشرك الأكبر، والباب شاملٌ للنوعين.
kesesuaian hadis ini dengan judul bab: adanya bentuk ketakutan juga pada syirik ashgor seperti syirik akbar di dua ayat sebelumnya. Bab ini memang mencakup kedua jenis syirik.
ما يستفاد من الحديث:
Pelajaran dari hadis ini:
١- شدة الخوف من الوقوع في الشرك الأصغر، وذلك من وجهين:
1. besarnya rasa takut terjatuh dalam kesyirikan kecil, ini ditinjau dari dua sisi:
الأول: أن الرسول -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- تخوَّف من وقوعه تخوفاً شديداً.
1. Rasulullah shallallah 'alaihi wassalam sangat cemas terjadinya hal ini
الثاني: أنه -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- تخوَّف من وقوعه في الصالحين الكاملين فمن دونهم من باب أولى.
2. beliau shallallahu 'alahi wassalam sangat ceman ini terjadi pada orang sholeh, maka yang selain itu lebih-lebih lagi
٢- شدة شفقته -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- على أمته وحرصه على هدايتهم ونصحه لهم.
2. Dalamnya cinta beliau shallallahu 'alaihi wassalam terhadap umatnya, keinginan besar agar mereka dapat hidayah
٣- أن الشرك ينقسم إلى أكبر وأصغر -فالأكبر هو أن يسوِّي غير الله بالله فيما هو من خصائص الله، والأصغر هو ما أتى في النصوص أنه شرك ولم يصل إلى حد الأكبر- والفرق بينهما:
3. syirik terbagi dua akbar dan ashgor. akbar mempersamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang merupakan kekhususan Allah. Ashgor sesuatu yang dinyatakan ayat atau hadis sebagai syirik namun belum akbar perbedaannya adalah:
أ-أن الأكبر يحبط جميع الأعمال، والأصغر يحبط العمل الذي قارنة.
1. akbar menghapus semua amal, ashghor hanya amal yang disertainya saja
ب- أن الأكبر يخلد صاحبه في النار، والأصغر لا يوجب الخلود في النار.
2. akbar mengekalkan pelakunya di neraka, asghor tidak mengharuskan
ج- أن الأكبر ينقل عن الملة، والأصغر لا ينقل عن الملة.
3. akbar mengeluarkan orang dari agama islam, asghor tidak
Comments
Post a Comment