Halaman 42-44 Syirik Phobia
Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/37#p1)
الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد | |
المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان | |
دار النشر: دار العاصمة الرياض | |
الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م | |
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] | |
صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] | |
Halaman 42-44 Syirik Phobia
[باب الخوف من الشرك]
Bab Takut dari Syirik
وقول الله عز وجل: {إِنَّ اللهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء} [النساء: ٤٨، ١١٦] .
Firman Allah Ta'ala: Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni selainnya bagi yang dikendaki
وقال الخليل عليه السلام: {واجنبني وبني أن نعبد الأصنام} [إبراهيم: ٣٥] .
Berkata Al Kholil 'alahissalam: jauhkanlah aku dan keturunanku dari menyembah berhala
ــ
مناسبة الباب لكتاب التوحيد: أن المصنف رحمه الله لما ذكر التوحيد وفضله وتحقيقه ناسب أن يذكر الخوف من ضده وهو الشرك، ليحذَره المؤمن ويخافه على نفسه.
kesesuaian bab ini terhadap tema kitab tauhid: penulis rahimahullah setelah menyebutkan tauhid dan keutamaannya dan perwujudannya maka cocoklah menyebutkan takut terhadap kebalikannya yaitu syirik agar mukmin menjauhinya dan takut pada dirinya.
الخوف: توقع مكروه، وهو ضد الأمن. cemas terhadap yang tidak disenangi lawan dari keamanan
الشرك: صرف شيء من العبادة لغير الله. mengarahkan sesuatu ibadah kepada selain Allah
لا يغفر أن يشرك به: أي لا يعفو عن عبد ليقيَه وهو يعبد غيرَه. tidak mengampuni hamba yang menjumpaiNya sementara masih menyembah selainNya
ويغفر ما دون ذلك: أي يغفر ما دون الشرك من الذنوب. mengampuni dosa selain syirik
لمن يشاء: أي لمن يشاء المغفرة له من عباده حسب فضله، وحكمته. yaitu bagi yang dikendakiNya menyesuaikan hikmanNya.
الخليل: الذي بلغ أعلى درجات المحبة، والمراد به إبراهيم عليه السلام الذي اتخذه الله خليلاً. yang mencapai derajat cinta tertinggi yaitu nabi Ibrohim alahissalam beliau disebut Kholil oleh Allah Ta'ala
اجنبني وبنيَّ: اجعلني وإياهم في جانب وحيِّز بعيد عن ذلك. Jaukan aku dan keluargaku dari kesyirikan
الأصنام: جمع صنم وهم ما كان منحوتاً على صورة البشر أو صورة أي حيوان. Bentuk Jamak dari صنم yaitu patung yang dibentuk manusia atau hewan atau lainnya.
المعنى الإجمالي للآية الأولى: أن الله سبحانه يخبر خبراً مؤكداً أنه لا يغفر لعبد لقيَه وهو مشرك به ليحذّرنا من الشرك، وأنه يغفر ما دون الشرك من الذنوب لمن يشاء أن يغفر له تفضلاً وإحساناً؛ لئلا نقنط من رحمة الله.
Makna global ayat pertama ini: Allah Ta'ala mengabarkan dengan tegas tidak mengampuni orang musyrik ketika menjumpaiNya untuk memperingatkan kita dari syirik. Allah mengampuni dosa di bawah syirik bagi yang Allah kendaki sebagai bentuk bonus dan kedermawanan agar tidak putus asa dari rahmaat Allah Ta'ala.
المعنى الإجمالي للآية الثانية: أن إبراهيم الخليل عليه الصلاة والسلام يدعو ربه عز وجل أن يجعله هو بنيه في جانب بعيد عن عبادة الأصنام وأن يباعد بينه وبينها، لأن الفتنة بها عظيمة ولا يأمن الوقوعَ فيها.
Makna global ayat kedua: Ibrohim Al Kholil meminta kepada Penciptanya Ta'ala agar menjauhkannya dan keluarganya dari menyembah berhala. Karena bahayanya sangat laten.
مناسبة الآيتين للباب: أن الآية الأولى تدل على أن الشرك أعظم الذنوب، لأن من مات عليه لا يُغفر له، وهذا يوجب للعبد شدة الخوف من هذا الذنب الذي هذا شأنه، والآية الثانية تدل على أن إبراهيم خاف الشرك على نفسه ودعا الله أن يعافيه منه، فما الظن بغيره، فالآيتان تدلان على وجوب الخوف من الشرك.
Kesesuaian dua ayat ini terhadap judul bab: ayat yang pertama syirik itu dosa terbesar karena orang syirik mati tidak bisa diampuni berarti kita harus takut sekali dari dosa seperti ini. Ayat kedua menunjukkan bahwa Ibrohim takut syirik terjadi pada dirinya terus berdoa agar dijauhkan darinya terus orang selain Ibrohim bagaiamana? jadi kedua ayat ini berarti kita harus takut syirik
ما يستفاد من الآيتين:
Pelajaran dari dua ayat ini:
١- أن الشرك أعظم الذنوب، لأن الله تعالى أخبر أنه لا يغفره لمن لم يتب منه.
1. bahwasanya syrik itu dosa terbesar karena Allah ta'ala mengabarkan tidak ada ampun bagi mereka
٢- أن ما عدا الشرك من الذنوب إذا لم يتب منه داخل تحت المشيئة -إن شاء غفره بلا توبة، وإن شاء عذب به- ففي هذا دليل على خطورة الشرك.
2. selain syirik jika tidak bertobat maka tergolong berpotensi diampuni tanpa tobat
٣- الخوف من الشرك، فإن إبراهيم عليه السلام -وهو إمام الحنفاء والذي كسّر الأصنام بيده -خافه على نفسه فكيف بمن دونه.
3. Takut dari kesyirikan, karena Ibrohim Alahissalam yang beliau itu tokohnya para muwahid sekaligus penghancur berhala, beliau saja sangat merasa takut syirik, apalagi kita mestinya lebih takut
١- مشروعية الدعاء لدفع البلاء، وأنه لا غنى للإنسان عن ربه.
1. disyariatkannya doa untuk menghilangkan kesulitan. Manusia tidak bisa lepas dari Penciptanya
٢- مشروعية دعاء الإنساء لنفسه ولذريته.
2. disyariatkannya berdoa untuk diri sendiri dan keturunan
٣- الرد على الجهال الذين يقولون: لا يقع الشرك في هذه الأمة فأمِنوا منه فوقعوا فيه.
3. sanggahan pada para kudet yang bilang syirik gak mungkin terjadi pada umat ini jadi malah merasa aman akhirnya malah syirik
Comments
Post a Comment