Halaman 25 Bab Kelebihan Tauhid Bisa Menggugurkan Dosa

 Informasi Kitab Maktabah Syamilah (www.shamela.ws)

 Judul: Mulakhos syarh kitab tauhid

الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد 

 Penulis: sholeh bin fauzan al fauzan

المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان 

 penerbit: darul ashimah riyadh

دار النشر: دار العاصمة الرياض 

 Cetakan: pertama 2001 M 1422 H

الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م 

 Jumlah Halaman: 436

 عدد الصفحات: ٤٣٦

 Penomoran Halaman sama dengan cetakan

[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] 

 Nama Akun: Sholeh Fauzan

صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] 

 

 


Halaman 25 Bab Kelebihan Tauhid Bisa Menggugurkan Dosa 

[باب فضل التوحيد وما يكفر من الذنوب]


وقول الله تعالى: {الَّذِينَ آمَنُواْ وَلَمْ يَلْبِسُواْ إِيمَانَهُم بِظُلْمٍ أُوْلَئِكَ لَهُمُ الأَمْنُ وَهُم مُّهْتَدُونَ} (١) [الأنعام: ٨٢] .

ــ

مناسبة هذا الباب لكتاب التوحيد: لما بين في الباب الأول وجوبَ التوحيد ومعناه، بين في هذا الباب فضل التوحيد وآثاره الحميدة، ونتائجه الجميلة التي منها تكفير الذنوب، لأجل الحث عليه والترغيب فيه.

kesesuaian judul bab dengan judul kitab tauhid: bab pertama kemaren menjelaskan tentang hukum wajibnya tauhid juga definisinya, bab ini adalah kelanjutannya yaitu kelebihan amalan tauhid, dampak positifnya, outcome positifnya yang bisa menggugurkan dosa agar termotivasi dan terdorong melakukan amal tauhid

بابٌ: هو لغةً: المدخل، واصطلاحاً: اسمٌ لجملة من العلم تحته فصول ومسائل غالباً. secara etimologi: tempat keluar masuk, secara terminologi: kumpulan ilmu biasanya berisi pasal-pasal dan kasus-kasus

يكفر: التكفير في اللغة: الستر والتغطية. وشرعاً: محو الذنب حتى يصير بمنزلة المعدوم. etimologi: menutupi menyembunyikan.  terminologi: menghapus dosa sampai seperti tidak ada

من الذنوب: (مِن) بيانية وليست للتبعيض، والذنوب: جمعُ ذنب وهو ما تقبح عاقبته. min bayaniyah bukan tab'idh. dosa adalah output jelek

آمنوا: صدقوا بقلوبهم ونطقوا بألسنتهم، وعملوا بجوارحهم، ورأسُ ذلك التوحيد. membenarkan dengan hati mengucap dengan lisan mengamalkan dengan anggota badan.  yang tertinggi adalah tauhid.

يلبسوا إيمانهم: يخلِطوا توحيدهم. mengotori tauhid

بظلم: بشرك –والظلم وضع الشيء في غير موضعه- سُمّي الشرك ظلماً لأنه وضعٌ للعبادة في غير موضعها وصرفٌ لها لغير مستحقها. dengan kesyirikan. zholim artinya meletakkan bukan pada tempatnya. syirik disebut zholim karena mengibadahi yang tidak berhak

الأمن: طمأنينة النفس وزوال الخوف. ketenangan hati dan hilangnya takut

مهتدون: أي موفقون للسير على الصراط المستقيم ثابتون عليه. kesadaran sendiri untuk menjalani sirothol mustakim istiqomah di situ

المعنى الإجمالي للآية: يخبر سبحانه أن الذين أخلصوا العبادة لله وحده لم يخلطوا توحيدهم بشرك هم الآمنون من المخاوف والمكاره يوم القيامة، المهتدون للسير على الصراط المستقيم في الدنيا.

makna global ayat ini: Allah mengabarkan bahwa orang yang mengikhlaskan ibadahnya kepada Allah saja tidak mengotori tauhidnya dengan kesyirikan merekalah yang berhak bahagia tanpa ketakutan nanti di hari kiamat.  mereka mendapat kesadaran berjalan di jalan lurus selama di dunia.

مناسبة الآية للباب: أنها دلت على فضل التوحيد وتكفيره للذنوب.

kesesuaian ayat dengan bab ini: menunjukkan kelebihan tauhid dan bisa menggugurkan dosa

ما يستفاد من الآية:

pelajaran dari ayat ini

١- فضل التوحيد وثمرته في الدنيا والآخرة.

1. kelebihan amalan tauhid dan outcome nya di dunia dan akhirat

٢- أن الشرك ظلمٌ مبطلٌ للإيمان بالله إن كان أكبَر، أو منقِص له إن كان أصغر.

2. syirik itu kezoliman menggugurkan iman pada Allah jika besar. mengurangi iman jika kecil

٣- أن الشرك لا يُغفر.

3. syirik itu tidak akan diampuni

٤- أن الشرك يسبب الخوف في الدنيا والآخرة.

4. syirik itu menyebabkan rasa takun di dunia dan akhirat

Comments

Popular posts from this blog

Halaman 168 Perulangan Laa

Halaman 115 Lanjutan Doa Syirik

Halaman 72-73 Lanjutan Bab Jimat Tolak Bala