Halaman 15 Lanjutan Bab Kitab Tauhid
Informasi Kitab
الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد | |
المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان | |
دار النشر: دار العاصمة الرياض | |
الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م | |
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] | |
صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] | |
وقوله: {وَاعْبُدُواْ اللهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئًا ... } الآية [النساء: ٣٦] .
لا تشركوا: اتركوا الشرك، وهو تسوية غير الله بالله فيما هو من خصائص الله. Tinggalkan kesyirikan yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang khusus bagi Allah saja.
شيئاً: نكرةٌ في سياق النهي، فتعم الشرك: كبيرَه وصغيره. nakiroh dalam konteks larangan berarti mencakup semua syirik: besar maupun kecil
المعنى الإجمالي للآية: يأمر الله -سبحانه- عباده بعبادته وحده لا شريك له، وينهاهم عن الشرك، ولم يخصّ نوعاً من أنواع العبادة، لا دعاءً ولا صلاةً ولا غيرهما، ليعمّ الأمر جميع أنواع العبادة، ولم يخص نوعاً من أنواع الشرك، ليعم النهي جميع أنواع الشرك.
Makna global dari ayat ini adalah: Allah memerintah hamba-hambaNya untuk beribadah padaNya saja tanpa menyekutukanNya. Melarang dari syirik. Tidak menunjuk jenis syirik tertentu, tidak doa saja, sholat saja, atau lainnya berarti mencakup semua bentuk ibadah. juga tidak menunjuk pada satu jenis syirik, sehingga mencakup semuanya jenis syirik.
مناسبة الآية للباب: أنها ابتدأت الأمر بالتوحيد والنهي عن الشرك، ففيها تفسير التوحيد بأنه عبادة الله وحده وترك الشرك.
kesesuaian ayat ini dengan judul bab adalah dimulai dengan tauhid dan larangan dari syirik. Jadi ada tafsir tauhid di sini yaitu ibadah pada Allah saja tanpa syirik.
ما يستفاد من الآية:
Pelajaran yang bisa diambil dari ayat ini:
١- وجوب إفراد الله بالعبادة، لأن الله أمر بذلك أولاً، فهو آكد الواجبات.
1. Wajibnya mengesakan Allah dalam ibadah, karen Allah Ta'ala memerintahkannya pada posisi pertama jadi merupakan kewajiban paling wajib.
٢- تحريم الشرك، لأن الله نهى عنه، فهو أشد المحرمات.
2. haramnya syirik karena Allah melarangnya jadi itu paling haram
٣- أن اجتناب الشرك شرطٌ في صحة العبادة، لأن الله قرن الأمر بالعبادة بالنهي عن الشرك.
3. bahwasanya menjauhi syirik merupakan syarat sahnya ibadah karena Allah mengandengkan perintah ibadah dengan larangan dari syirik.
٤- أن الشرك حرامٌ قليله وكثيره، كبيره وصغيره، لأن كلمة شيئاً نكرةٌ في سياق النهي، فتعم كل ذلك.
4. bahwasanya semua bentuk syirik adalah haram. sedikitkah atau banyak, besarkah ataupun kecil karena kata شيئاً berbentuk nakiroh konteks larangan sehingga bermakna umum untuk semuanya.
٥- أنه لا يجوز أن يشرك مع الله أحدٌ في عبادته، لا ملكٌ ولا نبيٌ ولا صالحٌ من الأولياء ولا صنمٌ؛ لأن كلمة (شيئاً) عامة
5. bahwasanya tidak boleh menyekutukan Allah dengan siapapun dalam ibadah. Malaikatkah, ataupun nabi, orang sholehkah ataupun wali ataupun berhala. karena kata شيئاً bersifat umum
Comments
Post a Comment