Halaman 36-41 Lanjutan Muwahid Sejati Masuk Surga Tanpa Hisab
Informasi Kitab Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/book/9950/29)
الكتاب: الملخص في شرح كتاب التوحيد | |
المؤلف: صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان | |
دار النشر: دار العاصمة الرياض | |
الطبعة: الأولى ١٤٢٢هـ- ٢٠٠١م | |
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع] | |
صفحة المؤلف: [صالح الفوزان] | |
Halaman 36-41 Lanjutan Muwahid Sejati Masuk Surga Tanpa Hisab
عن حصين بن عبد الرحمن قال: كنت عند سعيد بن جبير فقال: أيكم رأى الكوكب الذي انقض البارحة؟ فقلت: أنا. ثم قلت: أما إني لم أكن في صلاة ولكني لُدِغت. قال: فما صنعت؟ قلت: ارتقيت. قال: فما حملك على ذلك؟ قلت: حديث حدثناه الشعبي. قال: وما حدثكم؟ قلت: حدثنا عن بريدة بن الحصيب أنه قال: "لا رقية إلا من عين أو حمة". قال: قد أحسن من انتهى إلى ما سمع. ولكن حدثنا ابن عباس عن النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- أنه قال: "عرضت علي الأمم فرأيت النبي ومعه الرهط والنبي ومعه الرجل والرجلان، والنبي وليس معه أحد إذ رفع لي سواد عظيم فظننت أنهم أمتي، فقيل لي هذا موسى وقومُه، فنظرت فإذا سواد عظيم فقيل لي: هذه أمتك ومعهم سبعون ألفاً يدخلون الجنة بغير حساب ولا عذاب".
Dari husain bin abdurrahman: aku pernah ngobrol dengan said bin jubair: siapa diantara kalian melihat bintang jatuh tadi malam? aku bilang: saya. aku berkata: waktu itu pas gak sholat tapi pas disengat. dia berkata: terus kamu apakan? aku bilang: rukyah. dia berkata: atas dasar apa? aku berkata: ada sebuah hadis dari asy sya'bi. dia bilang: hadis apa? aku bilang: hadis dari buraidah dari husaib katanya: ruqyah tidak berlaku kecuali pada ain dan sengatan. katanya: baguslah kalo ada dasar. tapi ada hadis lain dari ibnu abbas dari nabi shallallahu 'alaihi wassalam kata beliau: aku pernah diperlihatkan umat semuanya. ada nabi bersama sekelompok orang ada yang cuma satu orang dua orang. ada nabi tanpa pengikut. ketika itu aku dipertontonkan banyak sekali orang, terus kukira itu umatku. terus aku dikasih tahu itu musa plus pengikutnya. terus kutengok lagi ada banyak lagi orang. aku diberitahu itulah pengikutku. diantara mereka ada tujuh puluh ribu yang akan masuk surga tanpa audit dulu atau adzab dulu.
ثم نهض فدخل منزله فخاض الناس في أولئك فقال بعضهم: فلعلهم الذين صحبوا رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-، وقال بعضهم: فلعلهم الذين ولدوا في الإسلام فلم يشركوا بالله شيئاً وذكروا أشياء، فخرج عليهم رسول الله صلى الله عليه فأخبروه فقال: "هم الذين لا يسترقون ولا يكتوون ولا يتطيرون وعلى ربهم يتوكلون" فقام عُكَّاشة بن مِحْصَن فقال: ادع الله أن يجعلني منهم، قال: "أنت منهم" ثم قام رجل آخر فقال: ادع الله أن يجعلني منهم، فقال:
"سبقك بها عكاشة" (١) .
kemudian beliau bangkit masuk rumah. manusia pun ribut membicarakan itu. sebagian bilang itu mungkin orang dekat rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam. lainnya: mungkin itu orang yang sejak lahir islam kemudian tidak pernah syirik. dan banyak lagi omongan lainnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam pun keluar dan memberitahu mereka: mereka adalah orang yang gak pernah minta ruqyah atau dikayyi tidak tathoyyur dan selalu bertawakkal pada Penciptanya. ukkasyahpun berdiri sambil bilang: minta Allah mendaftarkanku ke mereka. kata beliau: kamu terdaftar mereka. ada lagi yang berdiri juga bilang: minta Allah mendaftarkanku ke mereka. kata beliau: sudah keduluan ukkasyah.
ــ
تراجم الرجال الواردة أسماءهم في الحديث:
Biografi beberapa nama rowi dalam hadis
حصين: هو حصين بن عبد الرحمن السلمي الحارثيّ من تابعي التابعين مات سنة ١٣٦هـ وله ٩٣ سنة.
Husoin: hushoin bin abdurrahman as sulami al haritsi, tabi'ittabi'in wafat 136H umur 93
سعيد بن جبير: هو الإمام الفقيه من أجلة أصحاب ابن عباس قتله الحجاج سنة ٩٥ ولم يُكمل الخمسين.
Said bin jubair, imam, faqih, murid ibnu abbas, dibunuh hajaj tahun 95 belum sampai umur 50
الشعبي: اسمه عامر بن شراحيل الهمداني ولد في خلافة عمر، وهو من ثقات التابعين مات سنة ١٠٣هـ.
As Sya'bi: Amir bin syurohil al hamdani, lahir zaman umar, tabi'in tsiqoh, wafat tahun 103H
بُرَيدة: بضم أوله وفتح ثانيه، ابن الحصيب بن الحارث الأسلمي صحابي شهير، مات سنة ٦٣هـ.
buraidah: dhod didhommah, seterusnya fathah, ibnu husoib al haris al aslami sahabat terkenal wafat 63H
ابن عباس: هو الصحابي الجليل عبد الله بن عباس بن عبد المطلب. ابن عم النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- دعا له النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- فقال: "اللهم فقهه في الدين وعلمه التأويل" فكان كذلك ومات بالطائف سنة ٦٨هـ.
Ibnu Abbas sahabat mulia: abdullah ibnu abbas bin abdul mutholib. anak paman nabi shallallahu 'alaihi wassalam. pernah didoakan nabi shallallahu 'alaihi wassalam: semoga allah pahamkan agama dan tafsir. wafat di thoif tahun 68H
عُكَّاشة: هو عكاشة بن محصن بن حرثان الأسدي كان من السابقين إلى الإسلام، هاجر وشهد بدراً وقاتل فيها، واستشهد في قتال الردة مع خالد بن الوليد سنة ١٢هـ.
ukkasyah: ukkasyah bin mihshon bin hurtsan al asadi, termasuk duluan islam, ikut hijroh, ikut badar, ikut bertempur. syahid di perang riddah bersama kholid bin walid tahun 12 H
الكوكب: النجم. bintang
انقضَّ: أي سقط منه الشهاب. jatuh bola apinya
البارحة: هي أقرب ليلة مضت. يقال قبل الزوال رأيت الليلة، وبعد الزوال رأيت البارحة. malam tadi. katanya jika sebelum zawal pakai lailah, kalau abis zawal pakai barihah
لُدغْت: أي لدغته عقرب –واللدغ: اللسع- أي أصابته بسمها.
disengat kalajengking. kena racunnya
ارتقيت: طلبت من يرقيني، والرقية: قراءة القرآن والأدعية والشرعية على المصاب بمرض ونحوه.
yaitu minta diruqyah. ruqyah: membacakan quran dan doa doa syar'i kepada penderita sakit dll
ما حملك على ذلك؟: ما حُجَّتك على جواز ذلك؟
dasar hukum bolehnya ruqyah
لا رقية إلَّا من عين: العين: إصابة العائن غيرَه بعينه.
kena mata dengki orang lain
أو حُمَة: الحمة: سم العقرب وشبهها.
disengat kalajengkin dll
من انتهى إلى ما سمع: أي أخذ بما بلغه من العلم بخلاف من يعمل على جهل أو لا يعمل بما يعلم.
mendasari amalnya dengan ilmu bukan asal-asalan tanpa dasar
عرضت علي الأمم: قيل كان ذلك ليلة الإسراء، أي أراه الله مثالَها إذا جاءت يوم القيامة.
katanya ini malam isro', yaitu Allah memperlihatkan pada beliau contoh gambarannya yang nanti ada di hari kiamat
الرهط: الجماعة دون العشرة. sekelompok orang
ليس معه أحد: أي لم يتبعه من قومه أحد. tidak punya pengikut sama sekali
سواد عظيم: أشخاص كثيرة. banyak orang
فظننت أنهم أمتي: أي لكثرتهم وبعده عنهم فلا يميز أعيانهم. karena saking banyaknya dan jauhnya jadi tidak kelihatan siapa-siapa mereka
موسى: أي: موسى بن عمران كليم الرحمن. yaitu musa bin imron kalimurrahman
وقومه: أي أتباعه على دينه من بني إسرائيل. yaitu bani isroil pengikut agamanya
بلا حساب ولا عذاب: أي: لا يحاسبون ولا يعذبون قبل دخولهم الجنة لتحقيقهم التوحيد. tidak ada audit atapun hukuman dulu sama sekali sebelum masuk surga karena bertauhid sejati
ثم نهض: أي قام. berdiri
فخاض الناس في أولئك: أي تباحث الحاضرون واختلفوا في mendiskusikan perbedaan pendapat alasan si 70ribu ini dapat derajat itu
هؤلاء السبعين بأي عمل نالوا هذه الدرجة؟ فإنهم لم ينالوها إلا بعمل فما هو؟
tidak mungkin gak punya amalan istimewa
فأخبروه: أي ذكروا للنبي –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- اختلافهم في المراد بهؤلاء السبعين.
nabi Shallallahu 'alaihi wassalam akhirnya meredakan perbedaan pendapat tentang siapa mereka
لا يسترقون: لا يطلبون من يرقيهم استغناء عن الناس.
tidak minta diruqyah karena gabut pada orang lain
ولا يكتوون: لا يسألون غيرهم أن يكويهم بالنار.
tidak minta dicos besi panas
ولا يتطيرون: لا يتشاءمون بالطيور ونحوها.
tidak ada firasat apa-apa terhadap burung atau lainnya
وعلى ربهم يتوكلون: يعتمدون في جميع أمورهم عليه لا على غيره ويفوّضون أمورهم إليه.
pasrah pada Sang Pencipta segala hal apa saja, gak mau lainNya
سبقك بها عكّاشة: أي إلى إحراز هذه الصفات أو سبقك بالسؤال.
biar nggak terlanjur atau keduluan sudah ada yang minta
المعنى الإجمالي للحديث: يصف لنا حصين بن عبد الرحمن حواراً دار في مجلس سعيد بن جبير بمناسبة انقضاض كوكب في الليل، فأخبرهم حصينٌ أنه شاهد انقضاضه لأنه لم يكن حينذاك نائماً، إلا أنه خاف أن يظن الحاضرون أنه ما رأى النجم إلا لأنه يصلي، فأراد أن يدفع عن نفسه إيهام تعبّدٍ لم يفعله كعادة السلف في حرصهم على الإخلاص، فأخبر بالسبب الحقيقي ليقَظَته وأنه بسبب إصابة حصلت له، فانتقل البحث إلى السؤال عما صنع حيال تلك الإصابة، فأخبر أنه عالجها بالرقية، فسأله سعيدٌ عن دليله الشرعي على ما صنع، فذكر له الحديث الوارد عن الرسول –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- في جواز الرقية، فصوَّبه في عمله بالدليل.
makna global hadis ini: husoin mendeskripsikan pada kita percakapan yang terjadi di majlis said bin jubair berkaitan dengan bintang jatuh di malam tersebut. hushoin bilang dia melihat bintang jatuh karena pas gak tidur cuma dia takut disangka orang baik, sedang sholat maka segera dia hilangkan prasangka itu, soalnya gak dilakukannya, itu memang salaf banget, berusaha selalu ikhlas. jadi dia bilang sebab sebenarnya dia bangun yaitu kena sengat. yang dibahas pun ganti tentang solusi kena sengat. dia bilang obatnya ruqyah. said terus tanya dalilnya ruqyah apa. terus dia sebutkan hadis dari rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam kata beliau boleh. jadi diapun membenarkan dia selama dalilnya jelas.
ثم ذكر له حالةً أحسن مما فعل، وهي الترقي إلى كمال التوحيد بترك الأمور المكروهة مع الحاجة إليها، توكلاً على الله كحالة السبعين
الألف الذين يدخلون الجنة بلا حساب ولا عذاب، حيث وصفهم الرسول –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- بأنهم يتركون الرقية والكي تحقيقاً للتوحيد، ويأخذون بالسبب الأقوى وهو التوكل على الله، ولم يسألوا أحداً غيرَه شيئاً من الرقية فما فوقها.
kemudian dia bilang ada yang lebih bagus yaitu tingkat tertinggi tauhid, menghindari makruh-makruh pas butuh, tawakkal pada Allah seperti 70ribu tersebut yang masuk surga tanpa audit tanpa hukuman sedikitpun. Rasulullah Shallallahu 'alahi wassalam mendeskripsikan mereka orang tidak minta diruqyah, ataupun kayyi tauhid sejati, pokoknya tawakkal saja pada Allah, gak minta orang lain meruqyahnya apalagi lebih dari itu.
مناسبة الحديث للباب: أن فيه شيئاً من بيان معنى حقيقة التوحيد وثواب ذلك عند الله تعالى.
Kesesuaian hadis terhadap judul bab: deskripsi hakekat tauhid dan pahalanya di sisi Allah
ما يستفاد من الحديث:
Pelajaran dari hadis ini:
١- فضيلة السلف، وأن ما يرونه من الآيات السماوية لا يعدّونه عادة، بل يعلمون أنه آية من آيات الله.
1. Kelebihan para salaf, mereka punya pandangan lain tentang tanda-tanda alam, bagi mereka sesuatu banget, tidak mainstream, memandangnya sebagai tanda kebesaran Allah
٢- حرص السلف على الإخلاص وشدة ابتعادهم عن الرياء.
2. Semangat salaf untuk selalu ikhlas, sangat menjauhi riya
٣- طلب الحجة على صحة المذهب وعناية السلف بالدليل.
3. selalu mencari-cari dasar hukum legalitas gagasan mereka dan sangat perhatian dengan dalil
٤- مشروعية الوقوف عند الدليل والعمل بالعلم، وأن من عمِل بما بلغه فقد أحسن.
4. disyariatkannya presisi dengan dalil dan beramal berdasar ilmu. orang yang beraktivitas presisi dengan apa yang didapatnya berarti bagus
٥- تبليغ العلم بتلطف وحكمة.
5. menyampaikan ilmu dengan lembut dan hikmah
٦- إباحة الرقية.
6. bolehnya ruqyah
٧- إرشاد من أخذ بشيء مشروع إلى ما هو أفضل منه.
7. tak masalah memberitahu yang lebih baik secara syar'i
٨- فضيلة نبينا محمد –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حيث عُرضت عليه الأمم.
8. keutamaan nabi kita shallallahu 'alaihi wassalam: beliau diperlihatkan gambaran semua umat
٩- أن الأنبياء متفاوتون في عدد أتباعهم.
9. para nabi punya pengikut yang bervariasi jumlahnya
١٠- الرد على من احتج بالأكثر، وزعم أن الحق محصورٌ فيهم.
10. sanggahan pada orang yang bilang banyak itu benar
١١- أن الواجب اتباع الحق وإن قلّ أهله.
11. yang wajib adalah mengikuti kebenaran meski pengikutnya sedikit
١٢- فضيلة موسى عليه السلام وقومه.
12. keutamaan musa alaihi salam dan kaumnya
١٣- فضيلة هذه الأمة وأنهم أكثر الأمم اتباعاً لنبيهم –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-.
13. keutamaan umat ini: mereka terbanyak pengikut nabi
١- فضيلة تحقيق التوحيد وثوابه.
14. keutamaan tauhid sejati dan pahalanya
٢- إباحة المناظرة في العلم والمباحثة في نصوص الشرع للاستفادة وإظهار الحق.
15. bolehnya berdiskusi dalam ilmu, membahas teks syariat untuk mengambil pelajaran dan menampakkan kebenaran
٣- عمق علم السلف لمعرفتهم أن المذكورين في الحديث لم ينالوا هذه المنزلة إلا بعمل.
16. dalamnya ilmu salaf: tahu mereka dalam hadis gak mungkin dapat derajat itu pasti ada amalan tertentu
٤- حرص السلف على الخير والمنافسة على الأعمال الصالحة.
17. semangat salaf dalam kebaikan dan berlomba beramal sholeh
٥- أن ترك الرقية والكي من تحقيق التوحيد.
18. meninggalkan ruqyah dan kayyi termasuk tauhid sejati
٦- طلب الدعاء من الفاضل في حياته.
19. minta doa dari tokoh semasa hidupnya
٧- علَم من أعلام نبوته –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حيث أخبر أن عكاشة من السبعين الذين يدخلون الجنة بلا حساب ولا عذاب فقُتل شهيداً في حروب الردة رضي الله عنه.
20. tanda kenabian beliau shallallahu 'alaihi wassalam: bilang ukasyah termasuk 70ribu yang masuk surga tanpa audit ataupun hukuman. memang dia terbunuh di perang riddah
٨- فضيلة عكاشة بن محصن رضي الله عنه.
21. kelebihan ukasyah bin mihson
٩- استعمال المعاريض وحسن خلقه –صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حيث لم يقل –للرجل الآخر- لست منهم.
22. penggunaan sindiran dan akhlak yang baik beliau shallallahu 'alaih wassalam: tidak mengatakan pada orang akhir tadi: kau gak masuk
١٠- سد الذرائع لئلا يقوم من ليس أهلاً فيُردُّ، والله أعلم.
23. menutup kemungkinan buruk yaitu ada orang minta padahal tidak pantas bakal ditolak kan wallahu a'lam
Comments
Post a Comment